Umumnya kita bergerak sesuai dengan kebiasaan. Pagi-pagi setelah sarapan, Anda berangkat ke kantor. Anda mengeluarkan mobil dari garasi, memasukkan kunci, dan memulai menstarter mobil Anda. Jalan yang Anda lewati juga hampir tidak disadari. Semua berjalan seperti otomatis. Masalah timbul, ketika ada peristiwa yang tidak dapat diatasi dengan perilaku rutin. Mobil tiba-tiba mogok, jalan jadi macet, atau map penting Anda ketinggalan di rumah, padahal Anda terlambat. Anda mulai binggung, ragu, tidak tahu apa yang harus Anda lakukan. Anda bertabrakan dengan situasi yang harus Anda atasi -- Situasi masalah (problem situation). Bagaimana Anda mengatasi masalah ini?.
Perilaku apa yang terjadi?.
Proses memecahkan persoalan langsung melalui lima tahap (tentu, tidak selalu begitu!):
Perilaku apa yang terjadi?.
Proses memecahkan persoalan langsung melalui lima tahap (tentu, tidak selalu begitu!):
- Terjadi peristiwa ketika perilaku yang biasa dihambat karena sebab-sebab tertentu. Anda mula-mula akan mengatasinya dengan pemecahan rutin. Mobil mogok, Anda starter berkali-kali. Anak mogok sekolah, Anda beri dia uang. Istri mogok bicara, Anda membujuknya. Bila cara biasa ini gagal, masalah timbul.
- Anda mencoba menggali memori Anda untuk mengetahui cara-cara apa saja yang efektif pada masa lalu. Mobil mogok bisa didorong, anak mogok bisa diancam, dan istri mogok bisa dibohongi.
- Pada tahap ini Anda akan mencoba seluruh kemungkinan pemecahan yang pernah Anda ingat atau yang dapat Anda pikirkan. Semua Anda coba. Ini disebut penyelesaian mekanis (mechanical solution). dengan uji coba -- Trial and Error.
- Anda mulai menggunakan lambang-lambang verbal atau grafis untuk mengatasi masalah. Anda mencoba memahami situasi yang terjadi, mencari jawaban, dan menemukan kesimpulan yang tepat. Anda mungkin menggunakan dedukasi, atau induksi; tetapi karena jarang memperoleh informasi lengkap, Anda lebih sering menggunakan analogi.
- Tiba-tiba terlintas dalam pikiran Anda suatu pemecahan "Aha, sekarang saya tahu, anak saya tersinggung karena ucapan saya. Saya harus meminta maaf," Kilasan pemecahan ini disebut Aha Erlebnis (pengalaman Aha), atau lebih lazim disebut insight solution.
Komentar
Posting Komentar